halaman

Sabtu, 21 September 2013

Unit Pasukan Elite FSA Bergabung Dengan Jabhah Al Nusra



Ratusan pejuang di bawah komando Tentara Pembebasan Suriah ( FSA ) dilaporkan telah beralih kesetiaannya kepada kelompok Jabhah al Nusra yang memiliki link dengan Al Qaeda , peristiwa ini digambarkan sebagai pukulan besar bagi pasukan oposisi yang didukung oleh negara teluk dan pihak Barat.

Aktivis dan sumber militer mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Divisi 11 – salah satu brigade yang terbesar dalam FSA - telah beralih kesetiaan kepada Front al- Nusra di provinsi Raqqah , di sebuah provinsi perbatasan dengan Turki .

Sebuah video yang diupload ke YouTube pada hari Kamis menunjukkan para anggota Divisi 11 FSA memamerkan kebersamaan dengan para pejuang Al Nusra di Raqqah .

Dalam klip video tersebut , suara dapat didengar seseorang mengatakan dalam bahasa Arab , ” Raqqah … September 19, 2013 … Konvoi Nusra … Allah Maha Besar … Al Nusra di provinsi Raqqah . ”

Kantor berita Reuters , mengutip sumber-sumber di dalam wilayah Suriah , juga melaporkan bahwa beberapa unit tempur dari FSA telah bergabung dengan Al Nusra dan ISIS dalam beberapa hari terakhir .

Raqqah Revolusioner – yang merupakan bagian dari Divisi 11 – memiliki sekitar 750 pejuang , menurut informasi sebuah sumber yang dekat dengan kekuatan terkait dengan Al -Qaeda .

Anita McNaught , koresponden Al Jazeera di Antakya di Turki , mengatakan bahwa jika terbukti benar , beralihnya kesetiaan akan menjadi pukulan serius bagi kekuatan FSA , dan bisa memiliki implikasi yang signifikan bagi percaturan kekuatan Suriah .

Departemen Luar Negeri AS sudah menetapkan Al Nusra sebagai organisasi teroris pada 11 Desember 2012. Peralihan loyalitas tentara FSA tersebut akan menjadi sangat sulit bagi Barat untuk mendukung tentara oposisi yang didominasi dan diperintahkan oleh komando al – Qaeda.(Aljazeera/KH)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan